Senin, 23 April 2012

Naskah Drama ( 6 SAHABAT SELAMANYA )

Naskah Drama

                                   

          By : 8E SMP Negeri 2 Sedati
                ~ Mirza Savira
                ~ Fahmi Ivannuri
                ~ Chori Maulana
                ~ Heni
                ~ Brenda W. Gita


  *    6 SAHABAT SELAMANYA  *




Adegan 1 :
                Di kota Surabaya ada 6 sahabat sejati mereka kenal sejak kecil. Kehidupan mereka sangat tercukupi. Mereka selalu bersama sama. Tak pernah ada perselisihan antara mereka. Mereka percaya satu sama lain. Pada hari minggu mereka berjalan bersama-sama.
Fahmi : Hey, sekarang kita main kemana nih ? ( dengan wajah semangat )
Chori : Gimana kalau kita main ditaman ?
Gita+Heni : Mau ngapain kita ditaman.
Mirza : Ya ngapain lagi kalau gak mainan, masak kita sudah lama main ditaman kalian berdua masih lupa juga.
Tomi,Chori dan Fahmi : Gak tau nih ank 2, pikut banget (dengan waras wajah mengejek )
Mirza : Hehehe tauh nih ank 2 pikun banget (dengan wajah tertawa )
Tomi : Teman – teman maafin aku ya, aku gak bias ikut ( dengan wajah sedih )
Fahmi : Loh ! Tom kenapa kamu gak ikut  ?( dengan wajah kaget )
Chori : Iya tom kenapa kamu gak ikut, gak seru tau kalau sahabat kita kurang satu.
Heni : Iya tom knp kamu gak ikut ?, biasanyakan kamu yang paling rajin ikut tom.
Tomi : Maaf teman, aku sekarang gak bias ikut, aku harus pulang sekarang .
Mirza : Loh kenapa tom ? , tumben sih kamu gak ikut, gak seru tau tom !( dengan wajah kaget  )
Tomi : Maaf banget ya teman. Maaf banget.( Tomi segera meninggalkan teman-temannya )

Adegan 2
                Pada saat tomi meninggalkan teman-temannya, teman-teman Tomi merasa curiga dengan sikap Tomi yang sekarang. Karena sifat Tomi tidak sama dengan Tomi yang dulu.
Fahmi : Kelihatannya ada yang ditutup-tutupin Tom nih ? ( dengan wajah curiga )
Mirza : Iya,ya kenapa ya tomi sekarang berubah, kelihatannya ada yang ditutupin Tomi nih ? ( dengan wajah penasaran )
Gita : Mungkin aja teman aja yang disembunyikan sama teman kita Tomi ?
Mirza : Bagaimana kalau besok kita cari tau aja ?
Heni+Chori : Ok aku setuju teman.
Adegan 3
                Keesokkan harinya mereka berangkat sekolah bersama-sama. Tapi ada salah satu sahabat mereka  yang belum datang ke tempat dimana mereka janjian biasanya berangkat sekolah.
Mirza : Kenapa tomi gak datang-datang ya, ini sudah jam 06.30 tapi kenapa tomi belum datang-datang.
Gita : Iya lama banget ya Tomi, kemana sih dia itu kok gak datang-datang bias-bisa kita telat datang ke sekolah nih ( dengan wajah cemas )
Chori : Iya tumben banget ya itu anak jam segini belum datang, biasanya dia jam 06.00 sudah datang tapi sampai jam 07.30 dia belum datang-datang ya. Bisa-bisa kita telat.
Heni : Gimana kalau kita duluan, kita BBM Tomi aja suruh berangkat sendiri n, soalnya ini sudah jam berapa ?, mungkin kita sampai sekolah telat.
Mirza : Iya udah aku setuju pendapatnya Heni. Ayo kita berangkat kesekolah duluan. Chori kamu sms Tomi ya suruh berangkat sendirian ( dengan wajah kecewa ).
Adegan 4
                Pada waktu mereka sampai di sekolah ternyata ,mereka sudah terlambat 5 menit. Mereka berenam sekolah di sekolah negeri yaitu SMPN 2 SEDATI.Ternyata sahabat mereka yang bernama Tomi belum datang ke sekolah.Mereka curiga dengan sifat tomi yang sekarang.Tomi sering gak masuk sekolah, prestasi Tomi sekarang mulai turun tidak seperti dulu. Mereka curiga dengan sifat Tomi yang sekarang dan mereka berenam ingin mencari tahu kenapa sifat Tomi berubah .Bel pulang sekolah pun berbunyi mereka segera pulang ke rumah.
Mirza : Ada yang tahu gak kenapa sifat Tomi sekarang berubah ?
Heni : Kita semua gak ada yang tahu kenapa sifat Tomi sekarang berubah kaya gitu ( dengan wajah curiga )
Mirza : Apa mungkin tomi punya masalah, tapi Tomi gak mau bilang ke kita semua.
Fahmi : Mungkin betul kata Mirza, sekarang Tomi ada masalah tapi Tomi gak mau verita sama kita.
Chori : Masalah apa ya , jadi penasaran ak. Bagaimana kalau kita cari tahu ( dengan wajah penasaran )
Gita : OK aku setuju dengan usulan Tomi. Bagaimana kalau kita sekarang ke rumah tomi tapi BBM atau gak telvun orang tua kita dulu.Sebelum orang tua kita cemas dengan kita.
Mirza dan teman-teman : Sip,kita semua sudah BBM ortu kita, dan katanya tidak apa-apa.
Adegan 5
                Pada saat mereka sampai di rumah Tomi ternyata di rumah  Tomi ada tulisan “RUMAH INI DISEGEL”. Mereka tak tahu mengapa di rumah Tomi ada tulisan seperti itu. Mereka menghiraukan tulisan itu dan mereka terus memanggil nama Tomi,Tomi tapi taka da satu orang pun yang keluar dar rumah Tomi. Pemabantu Tomi pun tak keluar keluar juga.
Gita :Oh iya aku lupa, percuma kalian panggil-panggil Tomi,Tomi gak akan keluar
Fahmi :Loh ! Emang kenapa git ?( dengan wajah kaget )
Gita : Kalau tidak salah aku pernah dengar kalau mama Tomi terbilit utang sehingga tidak bisa membayarnya dan akhirnya rumah Tomi disita. Itupun sudah lama sekitar  3 minggu yang lalu mereka diusir dari rumah Tomi. Maaf ya aku lupa bicara sama kalian, Aku saja baru tahu dari mama aku tapi aku gak berani Tanya sama Tomi. Aku takut nyinggung dia.
Mirza : Kenapa kamu gak bilang sama kita git ! ( dengan wajah agak marah )
Gita : Ya maaf teman aku lupa, aku kira itu cuman gossip ya udah aku biarkan saja.
Fahmi : Ya sudah kita tidak perlu mempermasalahkan masalah ini lagi. Sekarang kita cari Tomi dimana ?, kita harus bantu Tomi, Kita tidak boleh egois.
Chori : Iya aku setuju aku. Sekarang kita cari Tomi dimana ?
Heni : Masalah Tomi kita tunda sebentar dulu kita makan dulu aja ya aku sudah lapar nih.
Chori : Ah Heni pikirannya makanan terus. Tapi betul sih Hen katamu aku juga lapar. Hehehehe . . . . ( dengan wajah tertawa )
Heni : Ah kamu Chor selalu saja kaya git .
Mirza : Dari pada kita debat terus mending kita makan, habis kita cari Tomi.
 Adegan 6
                Pada saat mereka makan di KF yang bernama KF SAHABAT  ada seorang pria yang wajahnya mirip dengan Tomi, tapi itu bukan Tomi karena menurut mereka tidak mungkin Tomi jadi OB  di KF ini lagian Tomikan juga masih ingin sekolah. Mereka berlima melamun dengan sendiri mereka membayangkan pada saat mereka dulu masih berenam bermain sama-sama, merasakan suka duka bersama-sama.Tapi sahabat mereka sekarang kurang satu.
Mirza : Kenapa ya Tomi tidak mau cerita sama kita ?
Fahmi : Mungkin Tomi malu sama kita.
Gita : Kenapa Tomi harus malu sama kita ? , kitakan sahabatnya sendiri jadi Tomi tidak perlu malu sama kita.
Mirza : Betul kata km juga, tapikan semua orang punya rasa malu git dan mungkin aja Tomi it takut kalau kita jauhin mangkannya tomi tidak mau cerita sama kita.
Chori : Iya Mir betul katamu. Mending kita makan dulu dari pada kita debat terus.
Heni : Hahaha . . . Setuju dengan kamu aku chor. Ayo makan J
Fahmi : Udah malam nih bagaimana kalau kita pulang ?, besok kita cari Tomi lagi.
Gita : Oke setuju aku. Bentar-bentar itu bukannya TOMI ya yang pakai seragam OB.
Chori : Sembarangan  aja kamu Git, gak mungkinlah Tomi jadi OB, mungkin itu kembarannya Tomi yang tadi.
Fahmi : Tapi kata Gita juga bisa betul loh !. Tomi bisa saja jadi OB karena Tomi butuh uang buat membayar  hutang mamanya, Tomikan anak tunggal.
Mirza : Tapikan Tomi masih punya sepupu. Apa sepupunya gak mau bantu saudaranya sendiri ?
Fahmi : Iya juga Mir tapi sepupu Tomi itu rumahnya pada jauh-jauh semuakan.
Mirza : Iya sih, Coba saja kalau Tomi keluar dari KF kita panggil saja kalau dia menoleh berarti dia Tomi.  
Adegan 7  
                      Pada akhirnya Tomi bertemu dengan teman-temannya di KF SAHABAT.Wajah Tomi terlihat malu dan takut saat melihat teman-temannya mengetahui Tomi menjadi OB.Wajah tomi memerah.
Fahmi :  Kamu di sini sedang apha ?
Tomi : Aku. . . . Aku . . . (dengan wajah gugup dan takut )
Chori : Sudah lah Tom kamu jujur saja, kita sudah tau masalah kamu Tom.
Mirza : Kita tidak akan marah dan ngejauhin kamu. Kitakan best friend forever.
Heni : Sip. Setuju aku Mir.Sudahlah jujur saja tidak perlu kamu tutup-tutupi.
Tomi : Iya aku jujur sama kalian, sekarang hidup aku tidak seperti dulu lagi yang bisa membeli apapun yang aku inginkan, kini aku harus mencari uang untuk membayar semua hutang mama aku dan kebutuhan hidupku ( dengan wajah malu )
Gita : Tenang saja Tomi kita pasti akan bantu kamu. Tapi maaf ya kita cuman bisa bantu sebisa kita saja.
Tomi : Iya teman makasih ya kalian sudah perhatian sama aku.Kalian memang teman yang sangat baik.
Fahmi : Iya Tom kita akan selalu bantu kamu. Ya sudah ya kita pulang dulu kita besok janjian ditempat biasa ya sore jam 14.00.
Adegan  8
                             Pada sore harinya Tomi bertemu dengan teman-temannya.Mereka berenam pergi ke rumah Tomi.Sesampai di rumah tomi, ternyata Ibunya Tomi ternyata Ibunya Tomi mempunyai penyakit Stroke, padahal 6 Bulan yang lalu Bapaknya Tomi meninggal dunia.Tomi sangat terpuruk dengan keadaannya sekarang.Kami sangaat perihatin dengan keadaan Tomi dan keluarganya.
Fahmi : Ini tom kita hanya bisa membantu hanya segini.
Mirza : Kalo kamu ada masalah bilang ke kita aja.
Tomi : Tidak perlu nanti merepotkan Kalian.
Chori :Tidak apa kok, kita akan membantu kamu sebisa mungkin.
Gita :Iya gak usah malu-malu sama sahabat kita.




SELESAI
               











Tidak ada komentar:

Poskan Komentar